Curriculum Vitae
Personal Information
Full Name : Devi Afriani Pramita
Place/ Date of Birth : Jakarta,27 april 1990
Sex : Female
Status : Mahasiswa
Faculty : Ilmu Komputer
Study Program : System Informasi
NPM : 10108549
Religion : Cristian
URL : http://devieafriani.blogspot.com
Formal Education
1995-1996 TK Kartika Bhakti
1996-2002 SDN 05 Pagi
2002-2005 SMPN 203 Jakarta
2005-2008 SMAN 106 Jakarta
2008-Sekarang Universitas Gunadarma
Workshop
Introduction XML 2009 Universitas Gunadarma
Seminar
Opera Demo day 2009 Universitas Gunadarma
Courses
English BBc Jakarta 2006
Selasa, 17 November 2009
Selasa, 10 November 2009
TUGAS 4 MOTIVASI
Nama : Devi Afriani Pramita
Kelas : 2ka08
Npm : 10108549
Tugas 4 Motivasi
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP
PENINGKATAN KINERJA KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN
PENINGKATAN KINERJA KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN
PENGERTIAN MOTIVASI
Istilah motivasi (dari bahasa inggris ”motivation”) yang secara etimologi atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin movere. Dalam kata movere ini memiliki makna yang berarti bergerak atau menggerakkan. Dalam konteks pekerjaan, motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk bekerja.Tidak bisa dipungkiri, setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat). Lalu, seperti apa pengertian motivasi yang sebenarnya? Pengertian motivasi menurut pendapat saya adalah suatu keadaan atau kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu atau kegiatan yang dilakukannya sehingga ia dapat mencapai tujuannya. Dalam konteks pekerjaan, motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk bekerja.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN PENINGKATAN KINERJA KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN
Motivasi sangat dibutuhkan dalam peningkatan kinerja kerja karyawan sebab dengan motivasi yang tinggi seorang karyawan dapat meningkatkan kinerja kerjanya sehinga kualitas produksi suatu perusahaan dapat meningkat.Seorang karyawan yang memiiki motivasi tinggi cenderung menetapkan target pekerjaan yang beresiko tinggi serta menantang, menyukai pekerjaannya dan berusaha meyelesaikannya dengan sempurna. Sebaliknya karyawan yang memilki motivasi rendah cenderung menghindari pekerjaan yang beresiko tinggi serta menantang karena takut mengalami kegagalan juga tidak memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaannya.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SERTA MENGHAMBAT MOTIVASI KERJA KARYAWAN
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan yaitu:
- Tingkat pendapatan
- Kenaikan jabatan
- Nama baik atau gengsi
Faktor-faktor yang menghambat motivasi kerja karyawan yaitu:
- Faktor iri antar karywan
- Penghasilan yang tidak memuaskan terhadap penilaian hasil kerjanya
- Tidak bisa beradaptasi terhadap karyawan yang lain.
TEKNIK MEMOTIVASI KERJA
Beberapa teknik untuk memotivasi kerja karyawan adalah sebagai berikut :
- Teknik Terpenuhi Kebutuhan
Terpenuhinya kebutuhan merupakan dasar bagi perilaku kerja. Motivasi kerja akan timbul apabila kebutuhan dipenuhi seperti dikemukakan oleh Maslow tentang hierarki kebutuhan individu yaitu :
- Kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhan makan, minum, perumahan dan seksual. Kebutuhan ini paling mendasar bagi manusia. Dalam bekerja, maka kebutuhan karyawan yang harus dipenuhi adalah gaji / upah yang layak.
- Kebutuhan rasa aman, yaitu kebutuhan perlindungan dari ancaman bahaya dan lingkungan kerja. Dalam bekerja, karyawan memerlukan tunjangan kesehatan, asuransi dan dana pensiun.
- Kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan diterima dalam kelompok dan saling mencintai. Dalam hubungan ini, karyawan ingin diterima keberadaanya di tempat kerja, melakukan interaksi kerja yang baik dan harmonis.
- Kebutuhan harga diri, yaitu kebutuhan untuk dihormati dan dihargai oleh orang lain. Dalam hubungan ini, karyawan butuh penghargaan dan pengakuan serta tidak diperlakukan sewenang-wenang.
- Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk mengembangkan diri dan potensi. Dalam hubungan ini, karyawan perlu kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara pribadi.
- Teknik Komunikasi Persuasif
Teknik komunikasi persuasif adalah satu teknik memotivasi kerja yang dilakukan dengan cara mempengaruhi dari luar diri. Rumus teknik komunikasi persuasif adalah ADIDAS sebagai berikut:
A ttention, yaitu perhatian yang penuh
D esire, yaituhasrat dan keinginan yang membara
I interest, yaituminat dan kepentingan
D esicion, yaitukeputusan yang tepat
A ction, yaitu tindakan nyata
Satisfaction, yaitu kepuasan atas hasil yang dicapai
CARA MENGATASI PENURUNAN MOTIVASI KINERJA KARYAWAN
Suatu hal yang perlu diperhatikan agar karyawan dan perusahaan tidak mengalami kerugian akibat penutunan motivasi, maka kita perlu mengatasi masalah tersebut dan mencegah dengan berupaya mengantisipasi kondisi yang terjadi.Beberapa pendekatan untuk mengatasi atau mengurangi kekurangan semangat dan motivasi dalam melaksanakan pekerjaan adalah dengan pendekatan kuratif dan pendekatan preventif.
1. Pendekatan Kuratif
Pendekatan kuratif atau mengatasi adalah melihat apakah masalah yang menimbulkan pengaruh pada motivasi penting atau tidak dalam pekerjaan. Apabila masalahnya tidak terlalu penting maka kita tidak perlu merasa putus asa. Tetapi bila ternyata masalah itu penting dalam pekerjaan, maka bicara secara terbuka dan langsung dengan pihak yang berwenang untuk mendapatkan kesamaan persepsi sehingga jalan keluarnya dapat ditemukan, misalnya atasan atau konselor. Bila pihak yang berwenang tidak dapat ditemui
secara langsung, hubungi melalui surat atau telepon.
secara langsung, hubungi melalui surat atau telepon.
2. Pendekatan Antisipatif
Karyawan sebaiknya bekerja dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya berusaha menenangkan hati sewaktu bekerja dan jangan terganggu dengan perasaan gelisah. Bila merasa gelisah karena hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, maka sebaiknya menenagkan diri di luar ruang kerja dengan cara yang diyakini berhasil, misalnya dengan berdoa atau yoga. Karyawan disarankan bersikap dan berpikir positif terhadap pekerjaan.
Sumber:
3. Pemikiran sendiri
Senin, 09 November 2009
BERBAGAI HANTU DI JEPANG
MACAM-MACAM HANTU DI JEPANG
Disini saya ingin berbagi artikel mengenail mengenai berrbagai hantu di Jepang.Hantu disebut dengan YUREI [YU=Halus; REI=Arwah]. Mereka tidak memanggilnya dengan sebutan setan atau jin
Spoiler for baca:
Berdasarkan kepercayaan orang Jepang, semua manusia mempunyai roh atau arwah yang disebut sebagai reikon. Setelah seseorang meninggal, reikon akan pergi meninggalkan tubuhnya ke tempat penyucian arwah. Disana dia akan menunggu tubuhnya dikubur dan mendapatkan pemakaman yang layak.
Kalau semuanya berjalan lancar, reikon akan melindungi keluarganya yang masih hidup. Dan dipercaya bahwa arwah orang meninggal tersebut akan kembali ke keluarganya setiap tahun (yang kemudian dinamakan sebagai festival Obon).
Tapi kalau roh-roh tersebut tidak mendapatkan pemakaman yang layak, atau mungkin mereka meninggal karena dibunuh atau bunuh diri, reikon akan berubah menjadi yurei dan gentayangan di dunia manusia sampai rasa penasaran, amarah, dan dendam mereka hilang.
Yurei mempunyai wujud manusia yang memakai jubah kimono putih, tidak mempunyai kaki - alias melayang di udara, rambutnya panjang dan berwarna hitam. Umumnya, mereka juga dikelilingi oleh Hitodama, arwah yang berwujud api.
Yurei tidak gentayangan secara leluasa. Mereka selalu gentayangan tidak jauh dari tempat mereka meninggal. Orang Jepang percaya bahwa Yurei mulai gentayangan pada saat gerbang dunia roh dan dunia manusia hampir menyatu yaitu pada jam 2-3 pagi.
nah... YUREI sendiri ada jensi2nya...
Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada rang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih.
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.
Sabtu, 07 November 2009
TUGAS 3"KOMUNIKASI"
Nama : Devi Afriani Pramita
Kelas : 2ka08
Npm : 10108549
Tugas 3Komunikasi
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM SEBUAH
PERUSAHAAN
PERUSAHAAN
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi konon menjadi suatu istilah yang paling sering diucapkan dan dilakukan oleh setiap orang termasuk kita sendiri, dan dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki menjadi tidak berguna bila tidak adanya komunikasi. Dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan apa yang di inginkan, dengan komunikasi pula kesalahpahaman dapat terjadi diantara para manusia. Istilah komunikasi (dari bahasa inggris ”communication”) yang secara etimologi atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Jadi definisi komunikasi menurut pendapat saya adalah proses penyampaian suatu ide/gagasan/pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan tertentu yaitu untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara lisan maupun tak langsung dan komunikasi itu sendiri ada dua jenis yaitu lisan dan non lisan, contoh dari non lisan adalah komunikasi yang melalui gerak badan atau yang biasa disebut komunikasi verbal.
Dari pengertian di atas menunjukkan betapa kegiatan komunikasi penting bagi aktivitas kehidupan manusia. Bayangkan bila dalam suatu hari saja kita tidak berkomunikasi ?. Betapa sunyinya dunia ini. Dengan demikian, kegiatan komunikasi mendominasi setiap aspek kehidupan manusia, di rumah, di kantor, di jalan, di kampus dan dalam waktu yang tak terbatas. Jadi apakah berkomunikasi itu mudah ? kalau mudah, mengapa kesalahpahaman sering timbul saat manusia menjalankan aktivitas komunikasi?.
KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN
Perusahaan atau yang biasa kta sebut sebagai PT merupakan suatu unit usaha untuk mencari keuntungan dan untuk mencapai tujuannya yaitu mencari keuntungan maka diperlukan kerja sama yang baik antara pihak manajemen perusahaan dengan karyawan,. Didalam perusahaan karyawan merupakan tulang punggung perusahaan sebab karyawanlah yang melakukan kegiatan seperti kegiatan produksi barang, semakin banyak pengalaman karywan makin bagus pula barang produksi yang dihasilkannya.
Sedangkan manajemen mempunyai tugas pokok yatu planning, organizing, leading serta controlling Manajemen merupakan pihak tertinggi dalam perusahaan sebab pelimpahan wewenang perintah atas sebuah perusahaan ada dimanajemen.Komunikasi yang baik antara pihak manajemen dan karyawan sangat bermanfaat bagi perusahaan seperti ide untuk menciptakan produk baru yang berkualitas kemudian ide untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
Selasa, 03 November 2009
TUGAS STRUKTUR ORGANISASI DATA 1 "ORGANISASI BERKAS SEQUENTIAL"
ORGANISASI BERKAS INDEKS SEQUENTIAL
Pengertian Organisasi Berkas Indeks Sequential
Organisasi Berkas Indeks Sequential adalah Berkas/file yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat diakses secara sequential maupun secara direct (langsung) atau kombinasi keduanya, direct dan sequential.
Kegunaaan Organisasi Berkas Indeks Sequential :
- Bentuk file yang paling banyak dipakai
- Dipakai bila file ingin selalu dalam kondisi up to date
- Sebuah record dapat di insert atau di retrieve secara langsung melalui indexnya
- Sangat sesuai untuk proses secara on-lin
- Bisa juga diakses secara sequential
Keuntungan dan Kerugian Organisasi Berkas Index Sequntial
Kentungannya:
Sangat cocok untuk digunakan menyimpan batch data ataupun individual data. Dibanding Sequential file, pemanggilan data menjadi lebih cepat.
Kerugiannya:
Access (pemanggilan) data tidak bisa disamakan dengan random (direct access file). Memerlukan adanya ruangan extra didalam memory untuk menyimpan index data. Memerlukan adanya hardware dan software yang lebih kompleks.
Macam-macam Akses yang Diperbolehkan dalam Organisasi Berkas Index Sequential
Dalam organisasi berkas index sequential akses yang diperbolehkan hanya ada dua macam yaitu:
- Akses Sequential
Akses Sequential adalah Akses yang dilakukan dengan cara membaca atau menulis suatu record di file dengan membaca terlebih dahulu yang pertama, kedua, sampai dengan record yang diinginkan
2. Akses Direct
Akses Direct adalah suatu akses yang dimana proses pembacaan data langsung ke record yang dituju.
Proses yang Terjadi di dalam Organisasi Berkas Indeks Sequential
Proses yang terjadi didalam Organisasi Berkas Indeks Sequential hanya ada dua macam yaitu:
1. Proses Batch
Proses batch adalah suatu proses yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Implementasi proses disusun dengan menggunakan cara antrian FIFO (first in first out).
2. Proses Interactive
Proses interactive adalah suatu proses yang bisa menanyakan sesuatu pada pengguna (mengadakan tanya jawab), kemudian mengambil tindakan berdasarkan respon tersebut.