Sabtu, 13 Februari 2010

MANFAAT COKELAT BAGI KESEHATAN

MANFAAT COKELAT BAGI KESEHATAN



        Siapa sih yang tidak suka makan coklat??? pasti jawabannya tidak ada sebab hampir semua orang di dunia ini dari anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukai cokelat apalagi coklat sering dijadikan simbol cinta bagi kaum remaja. Cokelat berasal dari pohon cokelat (Theobroma cacao), yang berarti “food of the Gods“, sehingga di beberapa negara, cokelat dianggap sebagai makanan yang istimewa. Tapi apa benar cokelat itu baik untuk kesehatan ? Kan banyak pendapat miring tentang cokelat yang katanya hanya membuat kegemukan atau obesitas, carises atau karang gigi, jerawat bahkan kolestrol tinggi.
           
         Menurut temuan terbaru sekarang ini cokelat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan terbaik .

           Biji cokelat sebagai sumber yang kaya akan flavonoid yang menyebabkan sikap mengonsumsi cokelat dalam jangka waktu yang panjang ternyata tidak meningkatkan kadar total kolesterol atau LDL (kolesterol jahat). Diduga kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi kolesterol LDL. Flavonoid juga dipercaya dapat mencegah terjadinya proses penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.Fungsi flavonoid pada cokelat juga sebagai anti-oksidan melalui mekanisme penangkapan senyawa radikal bebas dan menghambat oksidasi enzim-enzim. Antioksidan ini mencegah terjadinya pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh. Cokelat merangsang sistem kekebalan tubuh dengan memperoduksi sitokin, yaitu protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh.Antioksidan tersebut juga banyak digunakan sebagai proses perawatan kecantikan, bagi kaum wanita karena antioksidan bisa mencegah penuaan dini.

          Cokelat  menurut beberpa ahli juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, cokleat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan cokelat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar progesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari PMS.

          Ternyata cokelat juga berguna untuk kesehatan gigi. Susu yang terdapat di dalam cokelat mengandung kalsium dan fosfat yang bisa mengurangi produksi asam di mulut dan gigi berlubang, sehingga membantu kesehatan gigi. Selain itu, minyak yang terkandung dalam cokelat juga bisa mencegah kerusakan gigi. Tentu saja asal konsumsinya tidak terlalu banyak dan tidak lupa menggosok gigi dengan benar dan teratur agar gigi kita tidak berlubang.

           Selain manfaat yang telah di sebutkan diatas cokelat mempunyai satu manfaat lagi yaitu merubah mood atau suasana hati seseorang.Hal ini karena cokelat mengandung senyawa yang dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga otot menjadi lebih rileks dan santai. Nah sekarang udah tahu kan cokelat itu banyak manfaatnya maka daripada itu mari kita mengkonsumsi cokelat tapi ingat janga banyak-banyak supaya gigi kita tidak berlubang.

Referensi:
http://www.rumahcantikcitra.co.id/node/6021 dengan berbagai pengubahan


.

0 komentar:

Posting Komentar