Sabtu, 13 Februari 2010

Tips Mengatasi Kulit Berminyak

       Siapa sih yang tidak kesal dengan kulit atau muka berminyak??? Pasti semuanya kesal terlebih kaum remaja sebab kulit berminyak itu sering kali identik dengan jerawat. Kulit berminyak memiliki ciri kulitnya akan terlihat mengkilap dan memiliki pori-pori besar. Kulit yang mengkilap biasanya disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar sebum yang memproduksi minyak. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena dengan perawatan yang benar dan rutin maka kulit  akan menjadi lebih cantik. Untuk itu, simak trik perawatan di bawah ini.

1. Pembersih. 
Tahap yang paling penting dalam perawatan kulit wajah berminyak adalah membersihkan wajah. Anda bisa menggunakan pembersih yang berbentuk sabun atau susu pembersih. Saat Anda ingin membersihkan wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk membersihkan juga bagian leher dan sekitar telinga. Lalu gunakan washlap yang sudah dibasahi oleh air hangat untuk membersihkan sisa sabun atau susu pembersih. Setelah itu Anda gunakan toner untuk menyegarkan wajah Anda. Agar khasiat toner lebih terasa sebaiknya Anda simpan toner dalam lemari pendingin. Anda juga harus memilih pembersih sesuai dengan jenis kulit wajah Anda karena biasanya pembersih dan toner untuk kulit berminyak lebih banyak mengandung alkohol yang berfungsi menekan produksi minyak yang berlebih. Ada baiknya lagi bila Anda menggunakan scrub 2 hingga 3 kali seminggu untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori yang tidak terangkat oleh sabun atau susu pembersih.

2. Pelembab.
Memang kulit Anda berminyak tetapi bukan berarti Anda tidak mengenakan pelembab. Tapi Anda harus memilih pelembab yang khusus untuk kulit berminyak dan biasanya mengandung lotion yang berbahan dasar air agar tidak terlihat mengkilap pada wajah Anda. Jika Anda salah memilih pelembab maka akan menyebabkan kulit wajah Anda terlihat lebih mengkilap.

3. Tabir Surya. 
Anda juga membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Tabir surya berbeda dengan pelembab dan Anda tidak bisa meninggalkan salah satunya, sebaiknya Anda kenakan setelah menggunakan pelembab. Tunggulah hingga tabir surya benar-benar meresap ke dalam kulit Anda sekitar 20 hingga 30 menit lalu baru Anda kenakan bedak.

4. Bedak. 
Untuk kulit berminyak, biasanya Anda harus menggunakan bedak tabur. Karena bedak tabur memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah Anda sehingga kulit Anda terlihat lebih kering. Sebaiknya Anda jangan menggunakan compact powder atau bedak padat karena akan membuat riasan wajah Anda terlihat tebal dan akan lebih berminyak. Atau Anda bisa gunakan kertas tisu penyerap minyak saat kulit mulai terasa berminyak. Jika Anda menutupi minyak di wajah Anda dengan bedak maka, pori-pori akan tersumbat oleh timbunan minyak dan bedak.

Referensi:
http://www.klipingku.com/2009/12/tips-mengatasi-kulit-berminyak/

0 komentar:

Posting Komentar