Minggu, 21 Maret 2010

Pada waktu yang lalu melalui tulisan saya yang sebelumnya diblog ini saya telah menjelaskan tentang pengertian permintaan dan penawaran, macam-macam permintaan dan penawaran ,serta kurva bagaimana bentuk dan pergeseran kurva permintaan dan penawaran. Di tulisan saya yang sekarang ini saya akan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN :

1. Perilaku konsumen / selera konsumen
artinya suatu permintaan akan meningkat dengan pesat seiring dengan perkembangan zaman misalnya saat ini masyarakat sedang tergila-gila dengan yang nama nya handphone blackberry dan iphone dimana kedua handphone ini stok barangnya selalu habis terjual setiap harinya.

2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
artinya jika suatu barang kebutuhan pokok seperti beras habis bisa diganti dengan ubi singkong, sagu dan jagung.

3. Pendapatan/penghasilan konsumen
artinya selera permintaan tergantung dari pendapatan jika pendapatan seorang konsumen tinggi maka pasti selera dari permintaannya pasti tinggi.

4. Perkiraan harga di masa depan
artinya seorang konsumen akan membeli suatu barang lalu menimbunnya jika terjadi kenaikan harga suatu saat nanti misalnya BBM

5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
artinya suatu permintaan akan meningkat dengan pesat sesuai dengan kebutuhan seorang konsumen misalnya bulan puasa  permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN :

1. Biaya produksi dan teknologi yang dihasilkan
artinya suatu barang akan ditawarkan harganya kepada konsumen harus sesuau dengan biaya produksi untuk membuat barang tersebut semakin bagus barang tersebut semakin tinggi harga penawran kepad konsumen.

2. Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen. 

3. Pajak
artinya suatu barang hasil produksi akan ditawarkan sesuai dengan pajak penjualan kepada konsumen

4, Ketersediaan barang pengganti/pelengkap
artinya jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
artinya Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi  suatu barang dengan harapan bisa menawarkan atau menjual lebih banyak ketika harga barang tersebut naik

sumber:
www.e-dukasi.net dengan berbagai pengubahan







0 komentar:

Posting Komentar