Senin, 15 November 2010

Manfaat Yoga


Istilah yoga kini semakjn jamak terdengar. Apalgi yoga kini bisa ditemui di berbagai pusat kebugaran. Latihan yoga disenangi oleh bergbagai usia dari anak kecil sampai orang tua, karena diyakini banyak manfaatnya.
Seni meditasi ini berasal dari India sejak 3.000 tahun yang lalu. Yoga berasal dari bahasa sanserkerta "Yuj" yang artinya penyatuan. Menurut para ahli yoga, penyatuanyang dimaksud adalah penyatuantubuh dengan pikiran dan pikiran dengan jiwa untuk mencapai kebahagiaan, keseimbangan hidup serta mendekatkan diri dengan Tuhan dan alam sekitar.

Yoga memilki banyak jenis aliran, seperti haltha yoga, bikram yoga, yantra yoga, dan masih banyak lagi. Aliran dasar dan populer adalah hatha yoga, yatu penyatuan dengan pernafasan  dan olah tubuh. Banyak pengembangan yoga, misalnya bikram yoga yaitu yoga didalam suhu ruangan yang panas 42 derjat celsius sekaligus untuk detosifikasi, pre natal yoga untuk ibu hamil, sun yoga untuk anak-anak. Pada dasarnya, semua aliran yoga memberi manfaat bagi kesehatan.

Terdapat penelitian terrkini ilmuwan dari Duke University, durham, North Carolina, maerika serikat yang menyebutkan yoga bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan para penderita kanker payudara. Disamping itu, latihan yoga juga bermanfaat membantu menungkatkan konisi fisik yang lemah menjadi segar, bahkan yoga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, gangguan tidur dan berbagai gejala stres.

yang jelas, yoga dapat membantu memberikan keluwesan dan fleksibilitas yang baik untuk tubuh. Manfaat ini langsung tersa, karena di awal latiahan, biasanya ada gerkan backbend yang menyentuh ibu jari kaki. Pada awal mungkin akan sulit, namun jika terus dilatih tubuh secara perlahan lebih fleksibel dan akhirnya bisa menyentuh jempol kaki.


Sumber : kompas dengan perubahan

0 komentar:

Posting Komentar