Sabtu, 12 Februari 2011

Implementasi Jaringan Komputer

Dahulu komunikasi awalnya sangat tergantung pada alat transportasi: jalan antar kota, antar provinsi atau negara bagian kemudian antar negara atau benua. Kemudian komunikasi dapat terjadi jarak jauh melalui telegraf (1844), telepon (1867), gelombang radio elektromagnetik(1889), radio komersial (1906), televisi broadcast (1931), kemudian melalui televisi, sehingga dunia menjadi lebih kecil karena semua orang dapat mengetahui dan mendapatkan informasi tentang dan apa yang terjadi di bagian lain dunia ini melalui jaringan komputer. Tetapi apakah itu jaringan komputer? Jaringan Komputer adalah sekumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain dan saling berkomunikasi untuk suatu tujuan, salah satu komputer ada yang bertindak sebgai client dan ada yang sebagai sebagai server.

Implementasi Jaringan Komputer Di Dunia Bisnis
Pemanfaatan jaringan komputer, baik LAN, MAN, dan WAN bagi perusahaan besar sudah tidak asing lagi karena manfaatnya sangat besar bagi kemajuan usaha. Aplikasi bisnis sekarang yang berbasis teknologi dan jaringan komputer yang paling umum digunakan adalah electronic commerce (e-commerce) atau lebih terkenal dengan “Bisnis Online” melalui aplikasi ini seorang pedagang diberikan kemudahan yaitu tidak perlu bertatap muka dengan pembeli dan mendirikan toko serta dapat memasarkan produk yang ia milki ke seluruh dunia. Selain e-commerce juga ada EDI atau electronic data interchange atau pengolahan data berbasis komputer. Bahkan sekarang dalam dunia bisnis di perusahaan-perusahan besar telah diterapkan Remote Access melalu Remote Access seorang pegawai dapat bekerja untuk perusahaannya dimanapun pegawai tersebut berada melalui jaringan LAN komputer asal pegawai tersebut berada. Jadi menurut kesimpulan saya adalah dengan melalui implementasi jaringan komputer di dunia bisnis dapat mempercepat kinerja pegawai  karena para pegawai dapat bertukar informasi dengan pegawai lainnya tanpa harus berpindah dari tempatnya dan dapat dapat meminimalkan biaya dan waktu.


Implementasi Jaringan Komputer Di Dunia Mobile
Tujuan dari implementasi jaringan komputer di dunia mobile adalah diperuntukkan sebagai media hiburan dan sarana komunikasi.
Contoh implementasi nya adalah:
  • pengunaan chat (YM, Skypea dll)
  • pengunaan sosial network (situs pertemanan)
  • download
  • informasi lainya (browsing) 
Implementasi Jaringan Komputer Di Perbankan
Di dalam perbankan jaringan komputer sangat bermanfaat karena berhubungan dengan Bank dan Nasabahnya. Melalu jaringan komputer yang ada di perbankan para nasabah dapat mengirim uang melalui Internet Banking yang dapat diakses dimana saja tanpa harus pergi ke bank. Selain Internet banking juga terdapat mesin ATM yang saling berhubungan dengan MAN dimana seorang nasabah dapat menarik uang tunai secara langsung.

Implementasi Jaringan Komputer Di Rumah
Imlementasi jaringan komputer di rumah biasanya digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dan yang biasa digunakan adalah internet sama seperti implementasi yang telah saya jelaskan diatas yang juga menggunakan internet. Karena pada era seperti sekarang bukan hanya perkantoran yang memerlukan jaringan computer. Untuk perumahan pun diperluakan agar para siswa ataupun mahasiswa dapat mengakses informasi tanpa harus keluar dari lingkungan rumah. Dalam arti dapat mengetahui isi dunia selain dari buku atau mengerjakan tugas-tugas dari dosen/guru bias lebih efisien dan menghemat biaya dari pada pergi ke warnet.

Sumber:
http://fitriarapurba.wordpress.com/2009/04/06/aplikasi-sistem-teknologi-informasi-dalam-internet-banking/
http://udifq.wordpress.com/2011/02/10/implementasi-jarkom/
http://komputeriptek2.blogspot.com/2010/07/penerapan-jaringan-komputer-dalam-dunia.html


0 komentar:

Posting Komentar