Jumat, 16 Maret 2012

Tips Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

Apakah Anda pernah mengalami tidak bisa melakukan panggilan telepon karena kehabisan baterai??? Rasanya pasti sangat tidak nyaman seperti tersesat diantara hutan belantara yang tidak bertuan.

Pernyatan diatas tidak dilebih-lebihkan. meskipun fungsi utamanya memang melakukan dan menerima telepon, ada banyak fungsi lain yang diemban oleh ponsel. Sekurang-kurangnya, ponsel digunakan untuk menyimpan daftar kontak. 

Bagi pengguna telepon cerdas (smartphone), fungsinya lebih beragam lagi. Selain daftar kontak, ponsel juga dimanfaatkan untuk menyimpan data penting, berkas pekerjaan, bacaan hingga klip musik dan video. Bayangkan betapa repotnya dan sepi jika ponsel tidak berfungsi.

Tak heran jika daya tahan baterai menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih ponsel. Daya tahan antara lain dapat dilihat dari kapasitas baterai yang diukur dengan mAh. Semakin besar kapasitas maka semakin lama daya tahan baterai. 

Selain itu ada beberapa tips yang dapat dimanfaatkan untuk memperpanjang baterai ponsel. Mematikan ponsel saat tidak digunakan adalah cara yang paling mudah dan efektif. Tentu saja tips ini tidak berlaku jika Anda harus stand-by, menanti panggilan sewaktu-waktu.Namun, Anda dapat memanfaatkan tips ini jika sedang berada di tempat yang kualitas sinyalnya jelek, ponsel harus berkerja keras mencari sinyal sehingga lebih boros baterai. Matikan saja ponsel untuk sementara waktu karena kalaupun Anda menerima panggilan telepon biasanya terputus-terputus.

Menggunakan nada dering alih-alih nada getar adalah hal yang biasa dilakukan. Nada getar mengkonsumsi lebih banyak daya ketimbang nada dering. Jika tidak ingin orang lain terganggu , Anda dapat mengatur volume suara nada dering pada tingkat terendah yang masih bisa terdengar.

Matikan juga fungsi-fungsi lain yang sedang tidak Anda butuhkan, seperti inframerah, bluetooth dan Wi-Fi. Semua fungsi tersebut memakan daya tahan baterai jika diaktifkan. Anda juga dapat menghemat daya tahan baterai dengan mematikan backlight. Tentu saja hal ini dapat dilakukan pada siang hari atau di tempat yang memilki penerangan cukup, karena jika tidak Anda tidak dapat melihat tampilan layar.

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan percakapan telepon seefisien mungkin. Ponsel tidak dirancang untuk bercakap-cakap da;am waktu lama karena dapat menguras daya tahan baterai.


sumber : kompas, maret 2012

 

0 komentar:

Posting Komentar