Sabtu, 21 April 2012

Musik, Meningkatkan atau Menurunkan Produktivitas


Kemudahan mendengarkan musik menggunakan piranti musik jinjing menmbuat penggemar musik melakukan aktivitas ini nyaris kapn dan di mana saja. Sembari memnati angkutan, berolahraga, hingga bekerja di depan komputer, earphone nyaris tak pernah lepas dari telinga.

Mengutip hasil studi terkini, laman di Answer.com menyebitkan bahwa sejumlah suar5a sebagai latar belakang bagi kebnayakan orang berguna untuk "mengusi" suara-asuara lai yang tidak diinginkan, seperti keriuhan lalu lintas, suara mesin, hingga suara orang bercakap-cakap. Akan tetapi, suara latar yang dimaksud adalah musik bertempo sedang atau lambat, bukan yang bertempo cepat dan sebaikknya tidak disertai penyanyi atau drum yang bertalu-talu.

Musik dapat mempengaruhi konsentrasi. Tergantung dari jenis musik, pada umumnya musik dapat membnatu otak untuk mencapai tingkat kesadrana atau konsentrasi tertentu. Sebagian orang justru tidak dapt berkonsentrasi apabila suasana diasekitar benar-benar hening. Musik yang lembut sdapat membantu merka mengalihkanperhatian dari suara-suaralain dan memfokuskan diri pada alunan musik.

Namun, jika musik terlalu dominan, misalnya karena ada penyaynyi yang membawakan lagu yang dikenal, atau suara drum yang menggelegar, pikiran justru akan akann  terfokus pada musik, bukannya pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan.

Sementara itu, pekerjaan yang melibatkan angka atau detail, umumnya akan terganngu apabila dilakukan sembari mendengarkan musik. Sebagimana studi yang dilakukan di Wales belum lama ini, kondisi yang benar-benar hening atau kalaupun ada suara harus suara yang teratur dan berulang-ulang.

Karena berbagai studi memberikan hasil yang berbeda-beda sebaiknya Anda menguji diri sendiri, kondisi bagaiman yang paling ideal. anda dapatmemncoba bekerja sembari mendengarkan musik. Musik juga dapat dicoba berbagai jenis, mulai dari instrumentalia lembut hingga lagu yang dibawakan penyanyi favorit. coba juga bekerja tanpa musik sma sekali. Dengan demikian, anda dapat mengetahui pengaruh dari masing-masing kondisi terhadap produktivitas kerja.

Bagi sebagian, musik juga dimanfaatkan untuk mengusir kejenuhan.Mereka mungkin tidak mendengar musik sembari bekerja, tetapi saat beristirahat sejenak untuk menyegarkan pikiran.

Sumber : Koran Kompas, April 2012

0 komentar:

Posting Komentar