NAMA : DEVI AFRIANI PRAMITA
KELAS :2KA08
NPM :10108549
TUGAS 2
PENTINGNYA STRUKTUR
ORGANISASI DALAM SEBUAH ORGANISASI
Istilah organisasi dan struktur organisasi sering kita dengar dimanapun kita berada. Baik di lingkungan sekitar rumah, media cetak, media elektronik maupun ketika kita berada dikampus..Kata organisasi itu sendiri berasal dari bahasa organon yang dalam bahasa Yunani berati alat. Pengertian organisasi itu sendiri juga sudah didefinisikan oleh beberapa orang ahli,dibawah ini beberapa pendapat
dari beberapa orang ahli tersebut yang telah mendefinisikan tentang pengertian organisai.:
- Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define organization as a system of cooperatives of two more persons)
- James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
Dari dua pengertian diatas saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa organisasi adalah suatu sarana kejasama yang digunakan oleh beberapa orang yang memiliki visi dan misi yang sama guna untuk mencapai tujuan yang sama. Sedangkan pengertian struktur organisasi adalah susunan kompenen-kompenen unit kerja dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan. Jadi tanpa adanya suatu struktur organisasi dan manajaemen yang tepat organisasi tersebut akan kacau dan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya bahkan organisasi tersebut bisa bubar sebab tidak ada pembagian unit-unit kejanya. Dibawah ini adalah gambaran suatu bagan struktur organisasi yang nantinya akan sedikit saya jelaskan fungsi-fungsi dari beberapa bagiannya yang penting dari serta visi dan misi dari suatu organisasi yang bernama DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN.
BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN 2008
VISI :
Terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan koperasi usaha kecil dan menengah
MISI :
Meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM. Meningkatkan peranan koperasi dan UKM yang berdaya saing
Tugas dari Kepala Dinas
Merumuskan dan menetapkan rencana dan program kerja Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan kebijakan Walikota.
Tugas dari Sekretaris
Menyusun konsep rencana kebutuhan anggaran rutin, dan kebutuhan perlengkapan Dinas.
Tugas dari Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Menyiapkan dan menyusun rencana anggaran dinas dan formasi pegawai.
Tugas dari Sub Bagian Keuangan
Menyiapkan dan menyusun pendapatan dan belanja rutin dinas serta mengatur dan mengelola administrasi keuangan dilingkup ketata usahaan
Tugas Bidang Industri Formal
Pemberian perlindungan kepastian berusaha terhadap usaha industri di Bidang Industri Formal
Tugas Bidang Industri Kecil dan Dagang Kecil Non Formal
Melaksanakan fasilitasi, mediasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan pembinaan, peningkatan dan pengembangan industri kecil non formal , perdagangan barang dan jasa.
Tugas Bidang Perdagangan
Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data Perdagangan.
Tugas Bidang Kelembagaan dan Pendaftaran
Memberikan bimbingan terhadap pengelolaan administrasi pembukuan dana administrasi usaha koperasi.
Tugas Bidang Pengembangan Usaha Koperasi Aneka Usaha dan Simpan Pinjam
Memberikan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha koperasi di bidang produksi dan Jasa, konsumsi dan usaha simpan pinjam.
Tugas Bidang Usaha Kecil dan Menengah
Memberikan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha koperasi di bidang usaha kecil dan menengah
Bagan struktur organisasi yang bernama DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN merupakan organisasi yang berbentuk fungsionasl sebab wewenang dari pimpina tertinggi dilimpahkan kepada para bagian yang mempunyai jabatan funsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus. Struktur organisasi dari organisasi “DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN” juga merupak organisasi yang bersifat desentralisasi sebab tidak memusatkan wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu strutur organisasi.
Sumber :
www.komsi.staff.gunadartma.ac.id/download/files/7149/Bab+2-pbisnis.pdf
0 komentar:
Posting Komentar