Sabtu, 07 November 2009

TUGAS 3"KOMUNIKASI"


Nama           : Devi Afriani Pramita

Kelas           : 2ka08

Npm            : 10108549

Tugas 3Komunikasi



KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM SEBUAH
PERUSAHAAN




PENGERTIAN KOMUNIKASI

            Komunikasi konon menjadi suatu istilah yang paling sering diucapkan dan dilakukan oleh setiap orang termasuk kita sendiri, dan dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki menjadi tidak berguna bila tidak adanya komunikasi. Dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan apa yang di inginkan, dengan komunikasi pula kesalahpahaman dapat terjadi diantara para manusia. Istilah komunikasi (dari bahasa inggris ”communication”) yang secara etimologi atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

            Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Jadi definisi komunikasi menurut pendapat saya adalah proses penyampaian suatu ide/gagasan/pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan tertentu yaitu untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara lisan maupun tak langsung dan komunikasi itu sendiri ada dua jenis yaitu lisan dan non lisan, contoh dari non lisan adalah komunikasi yang melalui gerak badan atau yang biasa disebut komunikasi verbal.

            Dari pengertian di atas menunjukkan betapa kegiatan komunikasi penting bagi aktivitas kehidupan manusia. Bayangkan bila dalam suatu hari saja kita tidak berkomunikasi ?. Betapa sunyinya dunia ini. Dengan demikian, kegiatan komunikasi mendominasi setiap aspek kehidupan manusia, di rumah, di kantor, di jalan, di kampus dan dalam waktu yang tak terbatas. Jadi apakah berkomunikasi itu mudah ? kalau mudah, mengapa kesalahpahaman sering timbul saat manusia menjalankan aktivitas komunikasi?.



KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN

            Perusahaan atau yang biasa kta sebut sebagai PT merupakan suatu unit usaha untuk mencari keuntungan dan untuk mencapai tujuannya yaitu mencari keuntungan maka diperlukan kerja sama yang baik antara pihak manajemen perusahaan dengan karyawan,. Didalam perusahaan karyawan merupakan tulang punggung perusahaan sebab karyawanlah yang melakukan kegiatan seperti kegiatan produksi barang, semakin banyak pengalaman karywan makin bagus pula barang produksi yang dihasilkannya.

            Sedangkan manajemen mempunyai tugas pokok yatu planning, organizing, leading serta controlling  Manajemen merupakan pihak tertinggi dalam perusahaan sebab pelimpahan wewenang perintah atas sebuah perusahaan ada dimanajemen.Komunikasi yang baik antara pihak manajemen dan karyawan sangat bermanfaat  bagi perusahaan seperti ide untuk menciptakan produk baru yang berkualitas kemudian ide untuk mencari solusi dari permasalahan  yang sedang dihadapi oleh perusahaan.



 KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PERUSAHAAN

            Komunikasi yang efektif menurut pendapat saya adalah komunikasi yang berhasil mencapai
sasaran serta mendapatkan feedback  (respon) balik dari pihak  lawan bicara. Komunikasi Efektif itu sendiri pada dasarnya sangat tergantung pada peran komunikator atau orang yang mengawali pembicaraan, dengan demikian seorang komunikator penting memperhatikan hal-hal sebagai berikut :


  1. Kesiapan (preparedness)
  2. Kesungguhan (seriousness)
  3. Ketulusan (sincerity)
  4. Kepercayaan (confidence)
  5. Ketenangan (poise)
  6. Keramahan (friendship)
  7. Kesederhanaan (moderation)

Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan terdiri dari  komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah. Dua arah komunikasi atas-bawah dan bawah-atas sangat penting untuk mencapai keberhasilan tujuan mensolusi persoalan yang menjadi perhatian perusahaan. 

1)   Komunikasi ke bawah terjadi jika pimpinan melakukan kegiatan alih pesan kepada bawahan secara terstruktur dan tidak insidental. Tujuannya adalah membantu mengurangi terjadinya komunikasi desas-desus (rumor) agar dapat menumbuhkan suasana kerja yang menyenangkan, dan secara tidak langsung meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan. Jika komunikasi ke bawah berjalan lancar, biasanya motivasi bawahan untuk bekerja menjadi lebih baik dan efisien. Disinilah peran komunikasi dari atasan ke bawahan sangat penting tidak hanya dalam kegiatan menyampaikan penyoalan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan tetapi juga tentang keberhasilan usaha yang terkait dengan prestasi dan kontribusi bawahan dalam perusahaan.

2)   Komunikasi ke atas adalah komunikasi dari bawahan ke atasan. Komunikasi tipe ini umumnya bertujuan untuk melakukan kegiatan prosedural yang sudah merupakan bagian dari struktur organisasi atau perusahaan. Bentuknya antara lain dalam pelaporan kegiatan, penyampaian gagasan, dan penyampaian informasi yang menyangkut masalah-masalah pekerjaan. Bisa dilakukan secara langsung dan tak langsung atau secara tertulis. Dalam organisasi pembelajaran, model komunikasi seperti ini sudah biasa dilakukan kepada semua karyawan didorong untuk tidak segan-segan menyampaikan hal apapun kepada atasan sejauh dalam kerangka pengembangan perusahaan.

 Keberhasilan komunikasi  di dalam suatu  perusahaan menurut pendapat saya akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan  situasi (tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi dalam perusahaan biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya penyerpan informasi dengan lebih mudah dan jelas.



PERANAN DAN DAMPAK DARI MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT
KOMUNIKASI DI PERUSAHAAN


          Dalam era zaman modern seperti sekarang ini media elektronik sangat membantu sekali dalam aktivitas komunikasi terlebih aktivitas komunikasi didalam suatu perusahaan sebab berkomunikasi lewat media elektronik lebih menghematwaktu dan efisien. Sekarang ini sudah banyak media elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi didalam perusahaan seperti komputer, E-mail (electronicmail), blog, chatting, telepon, hanphone atau hp dan lain-lainnya. Dampak paling dirasakan dari media elektronik didalam suatu perusahaan adalah hp atau handphone sebab  melalui handphone setiap orang dapat berkomunikasi dengan sahabatnya, keluarga bahkan rekan bisnis tanpa mengenal jarak,ruang serta waktu yang memisahkan mereka.

            Teknologi media elektronik memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya seperti komputer atau internet. Bahkan  begitu dahsyatnya keampuhan internet sebagai sarana komunikasi membuat internet sebagai media penyebaran virus komputer oleh beberapa orang yang biasa kita sebut sebagai hacker. Melalui media hp pun juga ada dampak negatifnya yaitu menyebabkan orang malas berinteraksi secara langsung bahkan terhadap atasan nya serta rekan bisnisnya  di tempat orang tersebut bekerja.


Sumber           :

www.ronawajah.wordpress.com/2009/02/28/komunikasi-atas-bawah-dan-bawah-atas/





         



0 komentar:

Posting Komentar