Sabtu, 06 Maret 2010

Asal Mula Zombie

ZoMbIe


      Siapa sih yang enggak tahu zombie?? pasti gak ada , kenapa begitu??? jawabannya mudah karena zombie sering banget muncul di film horor buatan negara barat (soalnnya di indonesia enggak ada setan yang namanya zombie paling adanya kuntilanak, pocong, jin dll). Di dalam film horor zombie sering digambarkan sebagai manusia yang telah meninggal dan bangkit kembali dari alam kematian mereka dengan sosok yang menakutkan seperti monster dan memakan daging manusia. Sebenarnya zombie itu bukan setan tapi manusia loh!!! mau tahu kenapa zombie itu bukan setan baca ya lebih lengkap tulisan saya:

Asal Mula Zombie
 
Zombie sebenarnya berasal dan muncul dari pulau Haiti di Karibia. Mereka adalah orang2 yang hampir mati, lalu dihidupkan kembali dari tubuh yang hampir mati tsb oleh para pendeta/dukun Voodoo (semacam ilmu ghaib/supranaturalnya suku-suku indian, tentunya ini pakai mantera-mantera). nah maka dari itu zombie bukan setan kan para blogger.

Zombie biasanya digunakan sebagai budak selama sisa2 hidup mereka yang sangat meyedihkan. Seperti halnya manusia, zombie pun dapat bergerak, makan, mendengar, dan berbicara, namun mereka tidak memiliki ingatan dan wawasan tentang kondisi mereka.

Legenda zombie udah berlangsung selama berabad-abad tahun lamanya, namun baru pada tahun 1980 legenda ini baru muncul keluar. Ceritanya begini pada tahun 1962 di Haiti.Seorang pria yang bernama Clairvius Narcisse dijual pada tuan zombie oleh saudara laki-lakinya ,Karena Clairvius menolak menjual bagian warisannya berupa tanah keluarga.Segera saja Clairvius meninggal ‘’secara resmi ‘’ dan dikuburkan .Namun ia sebenarnya tidak dikuburkan dan bekerja sebagai budak Zombie di perkebunan tebu bersama banyak zombie lainnya.Pada tahun 1964 ,setelah pemilik zombie itu meninggal,ia mengembara melintasi pulau dalam keadaan linglung selama 16 tahun .Pengaruh obat-obatan yang membuat ia gila berangsur-angsur menghilang .Pada tahun 1980 ,ia tidak sengaja menemukan saudara perempuannya yang telah lama hilang di pasar dan mengenalinya ,namun ia membuktikan dirinya dengan menceritakan kepadanya berbagai pengalaman masa kecil mereka yang hanya ia yang tahu .

Pembuatan zombie 

Cara membuat zombie itu intinya cuma satu yaitu buat manusia tersebut "MATI" dan cara membuat mereka mati bukan dibunuh, dibacok, dipenggal atau apalah yang bisa membuat seseorang mati tapi dengan cara member mereka minum "bufo bufo bufo" (ramuan yang digunakan para dukun voodoo untuk membuat zombie tapi tidak membuat mereka mati). 

Dukun-dukun voodoo menggunakan kulit Katak bufo dan Ikan pufer untuk menciptakan ramuan "bufo bufo bufo" yang dapat membuat seseorang menjadi zombie. Kulit katak jenis bufo itu sangat berbahaya, terdapat beberapa kandungan kimia yang bersifat racun mematikan di dalamnya, yaitu biogenetik amina, bufogenin (racun katak yang berbahaya), dan bufotoksin.

Sedangan ikan puffer dikenal di Jepang dengan nama Fugo. Racunnya disebut "tetrodotoksin" racun saraf yang mematikan. Efek penghilang rasa sakitnya 160.000 kali lebih kuat daripada kokain. Memakan ikan jenis ini bisa membuat "Kematian" karena kandungan racunnya. Di Jepang banyak orang-orang yang mati setelah menyantap ikan jenis ini. Pada umumnya toksin tersebut dengan cepat menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah, selain itu dapat menyebabkan orang yang memakannya mengalami koma.

Lalu datura adalah sejenis rumput jimson (nama latinnya brugmansia candida),tumbuhan ini mengandung bahan kimia atropin, hyoskiamin dan skopolamin yang apabila dikonsumsi akan menyebabkan kita kehilangan ingatan. Bahkan jika mengkonsumsinya terlalu banyak, kelumpuhan dan kematian akan mendatangi kita. Orang yang memberi bahan kimia diatas haruslah cukup terampil, harus bisa memperkirakan takaran secukupnya pada manusia yang mau dijadikan zombie supaya nantinya tidak mati beneran kalau mati bahayalaha bisa masuk penjara entar dukunnya. Hehehehehe 

Referensi:

http://misteridunia.wordpress.com/2008/09/22/zombie/ dengan berbagai pengubahan.

0 komentar:

Posting Komentar