Jumat, 26 Maret 2010

Kenapa Keju Swiss Bolong????

Keju adalah salah satu jenis makanan favorit diseluruh dunia dan merupakan hasil produk makanan yang berasal dari olahan susu. Tapi apakah kalian tahu kenapa keju swissbolong-bolong??? sebagian pasti ada yang tahu ada juga yang tahu (jujur saya juga baru tahu ketika baca artikel kenapa keju bisa bolong-bolong). 

Begini ceritanya keju. Keju adalah salah satu produk susu yang paling penting dan banyak dikonsumsi. Diperkirakan ada lebih dari 3000 jenis keju di seluruh dunia, yang berasal dari negara-negara seperti Perancis, Jerman, Belanda, Denmark, Swiss, Italia, Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa lain dan keju bolong-bolong paling banyak ditemukan di negara Swiss dan dinamakan keju Swiss.

Keju Swiss bisa bolong dikarenakan Bakteri propioni. Bakteri ini umumnya terdapat pada keju balokan, Limburger dan Liderkanz. Bakteri propioni memberikan rasa manis dan gurih pada keju. Keju dibuat dari susu yang diasamkan. Proses pengasaman itu dibantu oleh ragi dan bakteri. Saat keju menjalani masa pengawetan, bakteri-bakteri propioni mengeluarkan semacam gas. Gelembung-gelembung gas inilah yang membentuk lubang-lubang bundar pada keju Swiss karena bolong-bolong tersebut itulah yang menyebabkan keju swiss berbeda dari keju yang lainnya dan sedikit bertekstur keras

sumber: 
http://apakabardunia.com/post/tahukah-kamu/tahukah-kamu-kenapa-keju-bolong-bolong dengan pengubahan

0 komentar:

Posting Komentar