Sabtu, 20 Maret 2010

TUGAS BAB 2 "PERMINTAAN dan PENAWARAN"



PERMINTAAN dan PENAWARAN

            Dalam dunia ekonomi terdapat dua kegitan yang sangat penting yaitu  permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. Melalui tulisan saya di blog ini saya akan menjelaskan tentang permintaan dan penawaran.

A. PENGERTIAN PERMINTAAN, MACAM-MACAM PERMINTAAN, KURVA dan PERGERAKAN KURVA PERMINTAAN


PENGERTIAN PERMINTAAN 
Permintaan mencerminkan perilaku konsumen dalam membeli barang/jasa. Interaksi antara konsumen dan produsen akan menciptakan kesepakatan harga diantara keduanya yang disebut dengan keseimbangan harga. Permintan adalah banyaknya  jumlah  barang  yang  diminta  pada suatu pasar dengan tingkat harga  tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu pula..


MACAM-MACAM PERMINTAAN 
Permintaan dapat dibagi menjadi lima macam yaitu: 
  1. Permintaan Absolut:  Permintaaan yang tidak disertai daya beli. 
  2. Permintaan Potensial:  Permintaan potensial adalah permintaan yang sudah didukung oleh daya beli, namun belum terdapat keinginan untuk membeli.  
  3. Permintaan efektif: Permintaan efektif adalah permintaan terhadap barang dan jasa yang disertai kemampuan membeli 
  4. Permintaan Individu:: Permintaan individu adalah permintaan yang hanya dilakukan oleh salah seorang konsumen saja.  
  5. Permintaan Pasar: Permintaan pasar adalah permintaan yang dilakukan oleh konsumen secara keseluruhan dalam pasar.  


KURVA PERMINTAAN
Kurva permintaan merupakan kurva yang menghubungkan titik-titik yang  menunjukkan hubungan antara berbagai jumlah barang yang diminta konsumenpada berbagai tingkat barang itu sendiri. Akibat dari adanya hukum permintaan,  kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif, karena variabel – variabel yang bekerja dalam pemintaan bekerjanya berlawanan arah. Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan. 





PERGERAKAN KURVA PERMINTAAN    

Kurva  permintaan  kan  bergerak  kekanan  atau  kekiri  apabila  terdapat perubahan – perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor bukan harga, sekiranya harga barang lain, pendapatan para pembeli dan  berbagai  faktor  bukan  harga  lainnya  mengalami  perubahan,  maka perubahan itu akan menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke kanan atau ke kiri.


 
B. PENGERTIAN PENAWARAN, MACAM-MACAM PENAWARAN, KURVA dan PERGERAKAN KURVA PENAWARAN

PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar  tertentu,  pada  periode  tertentu,  dan  pada  tingkat  harga tertentu. Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini kemudian dijual kepada    pembelian dan pemakainya sedangkan penawaran bersangkut paut dengan penyediaan dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang    tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi




MACAM-MACAM PENAWARAN
Penawaran dapat dibagi lima macam yatu:
  1. Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar. 
  2. Penawaran marginal: Penawaran marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar. 
  3.  Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar 
  4. Penawaran Individu: Penawaran individu adalah penawaran yang dilakukan oleh satu individu 
  5. Penawaran Pasar: Penawaran pasar adalah penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar.

KURVA PENAWARAN
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai  suatu  kurva yang  menunjukkan  hubungan diantara  harga  suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”  
  • Kalau penawaran  bertambah  diakibatkan oleh  faktor-faktor  di luar harga, makasupply bergeser ke kiri atas.  
  • Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas   
  • Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.


PERGESERAN KURVA PENAWARAN 
Perubahan  dalam  jumlah  yang  ditawarkan  dapat  berlaku  sebagai akibat dari pergeseran kurva   penawaran. 
    
Sumber:
  1. http://tugassekolahonline.blogspot.com
  2. http://organisasi.org/pengertian-permintaaan-penawaran
  3. pemikiran sendiri

      0 komentar:

      Posting Komentar