Rabu, 28 April 2010

KANTOR VIRTUAL

PENGERTIAN KANTOR VIRTUAL
            Sebuah kantor virtual adalah kombinasi dari off-situs alamat tinggal komunikasi dan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya kantor tradisional dengan tetap menjaga profesionalisme bisnis. Istilah ini sering disamakan dengan  “kantor pusat bisnis” atau “eksekutif suite” yang menuntut confensional sedangkan sewa kantor virtual yang sejati tidak mengharuskan pengeluaran.
            Secara umum perkantoran maya dapat didefinisikan sebagai otomatisasi proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual (document-driven) menjadi otomatis (electronic-driven) sehingga document yang dipergunakan dalam proses bisnis tidak lagi dalam bentuk hard copy, melainkan dalam bentuk elektronik.


TUJUAN KANTOR VIRTUAL 
 
  1. Meringankan pekerjaan pegawai karena para pegawai bisa melakukan pekerjan kantor dimanapun pegwai berada. 
  2. Meringankan anggaran operasional kantor

PERKEMBANGAN ATAU AWAL MUNCULNYA GAGASAN KANTORVIRTUAL
            Kantor virtual dimulai tahun 1964 ketika IBM memasarkan mesin yang di sebut MT/ST (magnetic tape/selectitcTypewriter). Awal perkembangan virtual office dibangun dalam modul-modul yang diakses secara terpisah. Seseorang yang akan melakukan pertemuan dengan rekan bisnisnya harus mengisi aplikasi to-do yang dibuat secara online ataupun tidak. Lain halnya ketika akan mengirim email, orang tersebut harus juga login dan mengakses aplikasi yang berbeda dalam bentuk webmail ataupun email client yang terpasang dikomputer pribadi. Hal inilah yang mengilhami para pengembang aplikasi perangkat lunak untuk mengembangkan suatu aplikasi yang memungkinkan seorang pengguna melakukan apapun layaknya berada dalam sebuah kantor virtual atau biasa kita sebut sebagai virtual office. Dalam perjalananya penggunaan virtual office sangat banyak kendalanya, mulai dari sulitnya menggabungkan banyaknya account yang terpisah-pisah dalam berbagai modul hingga kebutuhan infrastruktur seperti kebutuhan akan server yang bekapasitas besar dan kebutuhan akan besarnya bandwidth untuk mengakses aplikasi virtual office.
            Kantor virtual ide datang dari inovasi teknologi konfergensi dan Era Informasi. Konsep telah berakar pada Revolusi Industri, dimana paralel dengan gaya kerja saat ini,  secara khusus bekerja dari rumah, telah ditarik. Istilah ini pertama kali digunakan pada 1983 maskapai penerbangan diartikel majalah tentang komputasi portable. Konsep kantor virtual adalah suatu evolusi dari suite eksekutif industri. Namun, kaku suite eksekutif sewa tidak bekerja untuk banyak modal bisnis dan membantu memacu konsep kantor virtual. Aplikasi komersial pertama dari kantor virtual terjadi pada tahun 1994, ketika Ralph Gregory mendirikan “Kantor Virtual, Inch” di Boulder, Colorado. Awalnya, virtual office dimaksudkan untuk membantu pekerja secretariat dan administrative (clerical), tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan informasi dengan orang” di dalam dan di luar perusahaan menarik para manager dan professional sebagai pemakai. Semua pemakai kantor virtual ini menggunakan untuk meningkatkan produktifitas mereka.
            Sebuah kantor virtual berpadu rumah dan bekerja untuk mendapatkan efisiensi dalam ke dua. Biaya kantor rendah, sementara profesionalisme pengguna mempertahankan citra tradisional, biaya tinggi kantor. Sebuah kantor virtual pengguna dapat mengurangi dampak lingkungan, serta pribadi harian negative dari bolak-balik. Kantor virtual klien memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan pengeluaran dengan fluktuasi pendapatan langsung, karena biasanya biaya. Sebuah kantor virtual  dapat memungkinkan untuk ekspansi biaya rendah tanpa komitmen jangka panjang. Users mengambil keuntungan dari receptionist kantor virtual menghilangkan beban tradisional perawatan kesehatan, catatan, penggajian, asuransi, dan sewa.
            Kemampuan OA untuk menghubungkan orang secara elektronik telah membuka cara baru melakukan pekerjaan kantor. Bahkan OA membuat pekerjaan kantor tidak perlu di kerjakan di kantor. Sebaliknya, pekerjaan trsebut dapat dilakukan dimanapun pegawai berada. Nama yg diberikan untuk kemampuan ini adalah kantor Virtual . istilah yang berarti bahwa pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi geografis manapun selama tempat kerja itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik

APLIKASI DARI KANTOR VIRTUAL
 
  1. Pengolah kata (word processing): Penggunaan alat elektronik untuk menyiapkan dokumen 
  2. Surat elektronik (e-mail):Penggunaan jaringan komputer untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan  komputer. 
  3. Voice Mail: Menyerupai e-mail, namun dapat mengirim pesan suara 
  4. Kalender elektronik:  Menggunakan jaringan komputer untuk mengimpan dan mengambil kalender pertemuan 
  5. Konferensi audio: Menggunakan peralatan komunikasi suara 
  6. Konferensi video: Menggunakan peralatan televisi/komputer dengan fasilitas audio dan visual 
  7. Transmisi faksimili atau FAX: Menggunakan peralatan khusus untuk salinan dokumen

    2 komentar:

    galung kurbiantoro mengatakan...

    tampilan blognya bagus banget...
    banyak aplikasinya lg,,
    mau donk diajarin cara buatnya...

    galung kurbiantoro mengatakan...

    tampilan blognya bagus banget....
    banyak aplikasinya lg,,
    mau donk diajarin cara bikinnya...

    Posting Komentar