Senin, 03 Mei 2010

Tips Mengontrol Ngemil dengan Sehat

Mengemil kudapan favorit merupakan hal yang memuaskan. Namun, kepuasan itu hanya mampir sesaat, karena melahap camilan secara rutin dapat berpengaruh pada kesehatan dan bentuk tubuh. Sementara, perubahan bentuk tubuh merupakan hal yang sangat ditakutkan oleh kaum hawa. Untuk itu Anda harus menahan diri dari godaan camilan dengan beberapa tips berikut ini. 

Sebenarnya, mengonsumsi camilan boleh saja dilakukan. Sering orang merasa membutuhkan energi tambahan diantara waktu makan. Camilan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Asalkan cermat menghitung asupan kalori tambahan dari camilan yang Anda konsumsi, tidak heran jika Anda tetap mempertahankan berat badan Anda. Bahkan, Anda bisa memperoleh tubuh yang proporsional.Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kebiasaan ngemil tetap membuat tubuh Anda sehat tanpa kelebihan berat badan, antara lain:


Waspada kalori cair

Sekiar 63% orang Amerika tidak menghitung minum sebagai cemilan. Jika Anda berpikir camilan adalah sesuatu yang dikunyah, Anda mungkin tidak akan menghitung kalori yang ada disetiap gelas minuman. Pada kenyataannya kalori yang terkandung dalam bahan cair pun harus dihitung.Mulailah untuk menghitung jumlah kalori pada setiap minuman yang Anda minum. Anda pasti akan terkejut, begitu mengetahui jumlah kalori setiap cangkir yang anda minum. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu informasi kalori pada kemasan.
Jika merasa haus, minumlah air putih dengan menambahkan irisan lemon, kiwi atau ketimun agar lebih menarik. Jika Anda masih belum merasa puas dan harus kembali pada minuman berkalori, pilihlah minuman yang berkadar dibawah 10 kalori setiap delapan ons penyajian.
 
Hindari Makanan Digoreng

Seperti yang selalu ditekankan, 'membiarkan diri Anda memilih apa yang disuka sesekali, bukan masalah'. Namun cobalah untuk hal yang lebih baik dengan menghindari sekantung keripik kentang. Pilihlah yang dibakar, Anda akan mendapatkan rasa yang sama namun dengan jumlah lemak dan kalori yang lebih sedikit.
Alternatif lain adalah dengan mengonsumsi kraker. Beberapa produk biskuit, tidak hanya dibakar tetapi juga banyak biskuit yang berbahan dasar gandum, tentunya hal ini sangat baik. Berat badan akan tetap ideal meski Anda pun juga ngemil.


Hitung Nutrisi

Kenyataannya 88% dari Anda menginkan nutrisi yang lebih setiap kali makan. Tidak masalah ketika Anda berhasrat untuk menikmati sebatang cokelat, jika cokelat yang anda makan dengan isian buah-buah. Meskipun Anda tidak langsung memakannya, cokelat dengan isi buah akan tetap segar.
Tidak suka susu tapi Anda ingin memenuhi kebutuhan kalsium? Ambillah sepotong keju untuk memenuhi kebutuhan kalori. Jika ditempat kerja Anda ada lemari pendingin dan dapat menyimpan stok makanan, simpanlah beberapa jenis makanan segar seperti buah atau sayar dan beberapa biskuit untuk mengemil.
Membiasakan tangan Ada mengambil makanan-makanan bernutrisi tidak hanya mempertahankan kesehatan jantung tapi juga timbangan Anda

Menambahkan Minyak Zaitun
 
Menambahkan minyak zaitun dan cabai ke dalam makanan Anda. Bahan makanan yang sering dipergunakan sebagai bumbu masak ini, ternyata dapat mepercepat otak mengirimkan signal kenyang. Zaitun dikenal kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, meskipun rasanya gurih tapi tidak membuat perut buncit. Sedangkan cabai megandung unsur capsaicin yang dapat menekan level insulin hingga 32 persen. Unsur tersebut dapat menahan rasa lapar dan mempercepat datangnya rasa kenyang.

Mengunyah Permen Karet

Aktivitas rahang yang terus mengunyah, dapat menjadi signal bagi otak bahwa tubuh tidak perlu diberi asupan lagi. Selain dapat menahan nafsu makan, mengunyah permen karet juga bermanfaat untuk melepaskan stres.
 
Jangan Sembarangan Memilih Camilan

Jika keinginan untuk ngemil sudah tidak bisa dikompromikan lagi, pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan. Kandungan serat yang terdapat dalam buah-buahan dapat menstabilkan gula darah dalam waktu yang cukup panjang. Sehingga rasa kenyang enggan beranjak setelah mengunyah makanan.

Menggosok gigi. 

Cobalah menggosok gigi setiap kali Anda tergoda untuk makan cokelat atau makanan yang manis-manis. Biasanya, usai menyikat gigi makanan yang masuk rasanya jadi tidak begitu enak. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil dapat dibendung

sumber: liputan6 com

0 komentar:

Posting Komentar