Sabtu, 11 Desember 2010

Dekorasi Ruang Makan

     Seberapa pun ukuran sebuah rumah, tentu akan tetap terasa nyamaan jika si empunya pandai menyiasati dekorasi ruangan tanapa meninggalkana fungsi dari ruang tersebut. Salah satunya ruang makan yang juga kerap digunakan sebagi ruang kumpul keluarga.
     Namun sering dijumpai ruang makan ahnya digunakan jika ada acara keluarga atau saat akhir pekan. Sementara pada ahri biasa, ruang makan tersebut terkesan ditinggalkan karena penghuninya lebih memilih mengambil lauk yang disajikan diatas meja makan , kemudian makan sambil menonton televisi di ruang lain. Situasi ini memungkinkan terganggunya pola komunikasi yang ideal.
     Situasi diatas dapat terjadi karen faktor ketidaknyamanan pada ruang makan. Bisa karena dekorasi yang monoton, atau karena terlalu banyak barang-barang yang ditempatkan di atas meja makan, sehinnga meja makan sudah kelaur dari fungsi utamanya.
      Hal ini dat disiasati dengan mendekorasi ruang tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Dekorasi dapat diawali denagn penggunaan taplak. Tidak sekedar polos, tapi dapt digantikan dengan taplak berukuran berbahan katun dan bermotif cerah.
      Kemudian , bufet sebagai lemari temapt menyimapn makanan dan abrang-barang pajangan, dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai unsur dekoratif yang menarik di ruang makan. Keluarkan koleksi barang pecah belah, pilihlah barang denagn motif dan bentuk yang unik, seperti piring dari keramik China, atau perkakas makan yang berwarna cerah, lalu tempatkan di atas bufet sebagai pajangan yang menarik.
       Agar kursi makan tidak terkesan monoton, kita dapat memilih cushion atau sarung jok dengan permaina motif serta bahan yang mudah dibersihkan. Jika perlu busa pada jok kursi dapat diganti, agar terasa empuk.
        Warna dinding ruang makan turut memengaruhi suasana saat makan bersama. Suasana akn tersa hangat, dan secara tidak langsung berpengaruh untuk selera makan yang baik. Penempatan cermin dalam ukuran besar  pada dinding ruuang makan juga dapat menjadi focal point tersendiri. tidak hanya menjadi elemen dekoratif yang menarik, tetapi mampu menyiasati ruang makan agar tampak lebih besar.
sumber : kompas

0 komentar:

Posting Komentar