Sabtu, 03 Maret 2012

Manfaat Gandum Utuh

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa gandum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terutama bagi penderita beberapa penyakit seperti jantung koroner dan diabetes atau mereka yang tengah melakoni manajemen berat badan.

Dalam produksinya gandum dibagi menjadi gandum utuh dan gandum sosoh. Gandum disebut GANDUM UTUH jika semua bagian gandum tersebut digunakan (bran, endosperm, germ). Gabungan semua bagian gandum mengandung vitamin, mineral dan zat gizinya. Bagian-bagian tersebut adalah bran (lapisan terluar biji yang mengandung vitamin B, mineral dan serat ) dan endosperm (lapisan dalam biji yang mengandung protein dan kaborhidrat terbanyak , dengan hanya sedikit vitamin dan mineral; dan germ yang mengandung vitamin B, mineral dan sedikit protein. Sementara gandum sosoh hanya memiliki endosperm.

Kandungan gizi yang terkandung dalam gandum utuh secara bersama-sama membantu Anda dan keluarga Anda agar tetap sehat. Inilah alasan mengapa gandum utuh baik untuk tubuh dan siapa saja. Berikut ini adalah manfaatnya :
  1. Membantu menjaga Berat Badan, Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan gandum utuh lebih kecil kemungkinannya untukk menjadi gemuk. (sumber : Harland and Garton, 2007)
  2. Jantung lebih sehat, Orang yang makan lebih banyak gandum utuh sebagian dari gaya hidup sehatnya cenderung mengalami penurunan resiko penyakit jantung. (sumber : Harvard Nurses Study Liu et.al 1999)
  3. Pencernaan lebih baik, Gandum utuh mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi, yang membantu menyehatkan sistem pencernaan.
Berikut adalah gambar dari sebuah gandum utuh 


sumber :
http://bonusvirouz007.blogspot.com/2010/07/manfaat-gandum-utuh.html

0 komentar:

Posting Komentar