Sabtu, 03 Maret 2012

Penyebab Mata Lelah

Mata lelah ditandai beberapa gejala, seperti mata berair , terasa kering, atau bahkan disertai pusing.

Menurut James P. McCulley, seorang ahli kesehatan mata dari University of Texas Medical School, mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki otot paling aktif. Tak heran jika beberapa orang sering mengalami rasa lelah pada mata.
Inilah lima penyebab kelelahan pada mata serta solusi mengatasi masalah tersebut:

1. Memakai Komputer dan Membaca 
Mata terdiri dari tiga grup otot, salah satunya bertujuan untuk bekerja melihat objek dengan jarak yang dekat. Semakin dekat jarak mata Anda dengan objek, semakin berat kerja otot mata untuk membuat tampilan objek menjadi jelas. Karena itulah mata akan mengalami kelelahan jika Anda tak memberi jarak yang cukup saat bekerja menatap komputer atau membaca.
Solusi: Di sela-sela bekerja menatap komputer atau membaca, lihatlah obyek tertentu yang letaknya sangat jauh untuk membuat mata lebih rileks.

2. Pencahayaan Yang Buruk
Membaca di bawah pencahayaan yang buruk (baik terlalu gelap ataupun terlalu terang) akan menyebabkan otot-otot sphincter dan dilatory bekerja terlalu keras.
Solusi: Atur pencahayaan ruangan hingga membuat mata Anda nyaman. Jika duduk menghadap sinar matahari terik membuat silau, pindah tempat duduk!

3. Terlalu Lama Bekerja
Sama seperti olahraga, dalam waktu yang tepat, tubuh menjadi sehat, tetapi jika berlebih, tubuh akan kelelahan, demikian halnya dengan mata. Mayoritas dari kita bekerja sangat lama di depan komputer saat berada di kantor, karena itulah mata perlu waktu untuk beristirahat.
Solusi: Hindari langsung menyalakan komputer saat tiba di rumah. Beri waktu agar mata santai setelah bekerja keras seharian.

4. Jarang Berkedip Saat Bekerja
Hal ini berhubungan dengan poin sebelumnya, saat mata sedang bekerja keras, maka mata lebih mudah mengalami kekeringan karena jarang berkedip. Menurut Dr. Ronald Schachar seorang Association for the Advancement of Ophthalmology, saat mata telah lelah, maka Anda cenderung untuk lebih jarang berkedip sehingga mata mengalami kekeringan. Sering terjadi pada pegawai yang bekerja dengan komputer.
Solusi: Tinggalkan komputer Anda setiap satu jam sekali, setidaknya lima hingga sepuluh menit.

5. Gangguan Kesehatan Mata
Orang-orang yang mengalami rabun dekat memiliki otot ciliary yang bekerja lebih keras, dan biasanya mereka ngotot tidak mau memakai kacamata karena merasa masih baik-baik saja. Hampir semua orang yang melewati usia 40 tahun akan mengalami kaku pada lensa mata, sehingga memaksa otot ciliary bekerja lebih keras.

sumber : 
koran kompas, 29 Nopember 2011

0 komentar:

Posting Komentar