Sabtu, 03 Maret 2012

Menjaga Kondisi Tulang Belakang Agar Kuat

Kondisi tulang punggung yang baik bisa mendukung aktivitas sehari-hari secara optimal.Berikut ini merupakan beberapa kiat menjaga tulang punggung tetap kuat, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Bila kita akan melakukan suatu pekerjaan yang didalamnya terdapat proses mengangkat dan menurunkan barang, maka yang perlu diperhatikan adalah agar tetap menjaga posisi tulang belakang tetap lurus. Bagaimanakah agar tulang belakang tetap lurus? Caranya adalah, sejajarkan posisi badan dengan barang yang diangkat. Agar posisi badan sejajar dengan barang yang diangkat, tekuk lutut secukupnya, sehingga didapati posisi tubuh sejajar dengan barang yang akan dianggkat atau diletakkan. 
  2. Jika pekerjaan sahabat di depan komputer, dimana harus duduk dalam waktu yang cukup lama maka aturlah posisi duduk dalam keadaan tegak (tidak membungkuk) dan atur jarak nyaman antara lengan dengan komputer atau laptop. Kemudian lakukan peregangan tubuh dengan mengubah posisi tubuh sedemikian rupa.
  3. Sebaiknya tidak menggunakan sepatu berhak tinggi dalam waktu yang lama. Bila sedang berjalan, berjalanlah tegak dengan meluruskan bagian punggung dan mata menatap ke depan.
  4. Aturlah jarak jok dengan kemudi sedekat mungkin dengan tidak melupakan unsur kenyamanan bila sahabat sedang berkendara. Dan bila sahabat berkendara dengan mobil, duduklah dengan posisi tegak. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan pada tulang punggung saat menginjak pedal gas, rem, maupun kopling.
  5. Bantal atau alat penyokong khusus yang banyak dijual di pusat perbelanjaan modern, dapat digunakan untuk mengganjal bagian tulang belakang.
  6. Ketika sahabat ingin tidur, pastikan kasur tidur tidak terlalu empuk. Hal ini berfungsi untuk mencegah tulang punggung melengkung karena kasur yang terlalu empuk.
     
    sumber :
    kompas, 14 Februari 201

0 komentar:

Posting Komentar