Sabtu, 02 Juni 2012

Tips Agar Alat Masak Lebih Awet

Bagi seseorang yang hobi memasak, keberadaan alat-alat masak tentunya sangat penting. Semaikin modern alat masak, semakin mengasyikkan memasak. aplagi kehadiran wajan dan panci anti lengket membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah. Bahan anti lengket membuat masakan tidak akan rusak.

Namun keasyikan memasak tidak diimbangi kesenangan ketika harus membersihkannya. Bahan anti lengket terkadang membuat orang sangat berhati-hati membersihkannya. Hal ini malah membuat proses pembersihannya justru tidak maksimal. 

Perlu sedikit kecermatan agar wajan dan panci bahan anti lengket tetap awet dan  lapisan anti lengketnya tidak hilang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan wajan dan panci berbahan anti lengket.

Pertama, coba cuci wajan atau panci dengan air sabun. Gosoklah perlahan dengan menggunakan sisi halus spons atau sabut. Jnagan lakukan langsung dalam keadaan anti lengket masih panas. Sebaliknya diamkan dahulu hingga dingin baru lakukan pencucian. Lalu, hindarilah merendam lapisan anti lengket terlalu lama dalam air karena malah akan mempercepat rusaknya lapisan anti lengket.

Penggunaan deterjen yang berlebihan juga bisa membuat anti lengket cepat rusak. Oleh karena itu, gunakanlah deterjen secukupnya lalu segera bilas dengan air dan segera keringkan. P:ilihlah juga deterjen yang cair atau seperti krim  karena memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan menggores permukaan wajan.

Apabila kerak menempel, jangan  sekali-kali mencucinya dengan abu gosok atau sikat yang kasar. Hal ini bisa menyebabkan lapisan anti lengket mengelupas dan malah bisa membahayakan kesehatan Dalam pemakaiannya, hindarilah memasak dengan menggunakan sutil atau spatula yang memakai bahan besi. Hal ini juga bisa menyebabkan anti lengket tergores dan rusak.

Anti lengket mudah menyebabkan panas secra, maka selalu gunakan api kecil atau sedang. Hal mini akan menghemat persediaan gas selain bisa membuat alat masak anti lengket tahan lama. 

Sumber : Kompas 


0 komentar:

Posting Komentar