Rabu, 06 Juni 2012

Memulai Pola Makan Sehat

Kita mungkin penah atau bahkan sering menjalani pola makan pele yang tidak teratur. Alasannya bermacam-macam, seperti takut gemuk, terlalu sibuk, atau belum merasa lapar sehingga melewatkan waktu makan.

Meskin terkesan sepele, sebaiknya hal ini tidak dijadikan kebiasaan. Jika merasa tidak lapar ketika tiba waktu makan, kita sebaiknya berhati-hati karena hal tersebut juga merupakan salah satu keluhan radang lambung ringan. Memang, keluhan radang lambung tidak melulu berupa sakit di ulu hati atau maag, seperti yang biasa diketahui. Jika dibiarkan berlarut-larut, produktivitas pun akan terganggu. Oleh karena itu, menjaga pola makan menjadi hal penting.

Pola makan yang tepat adalah tiga kali makan besar dalam porsi sedang dan 2-3 kali makan selingan. Makanan selingan tersebut dapat berupa buah-buahan, salad sayur, salad buah, biskuit gandum. Dengan demikian, asupan bergizi terpenuhi, bobot tubuh juga tetap terjaga.

Dengan membiasakan diri untuk makan teratur, selain menghindari maag, juga untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tidak terlalu turun. Hal itu disebabkan kadar gula akan menurun setelah 1,5-3 jam setelah makan, tergantung makanan yang dikonsumsi. Perlu diketahui pula kadar gula rendah dalam darah dapat menimbulkan kelelahan dan lemas sehingga mengganggu produktivitas kerja.

Tentu saja, bukan hanya jadwal makannya yang diatur, tetapi sebaiknya juga memperhatikanasupan makanan yang dikonsumsi dalam hidangan sehari-hari. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, antara lain berat tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas, dan penyakit yang berbeda-beda pada setiap orang.

Mengikuti konsep gizi seimbang bisa dijadikan pedoman dengan porsi yang disesuaikan. Kalaupun ingin melakukan diet, lakukanlah diet sehat. Dalam arti bukan semata-mata mengurangi porsi, melainkan melalkuakn kombinasi makanan dan minuman dalam hidangan. Oleh karena itu, protein hewani dan nabati, karbohidrat, lemak, sayur, dan buah sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat, produktivitas pun meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar