Minggu, 06 Juni 2010

Kolestrol

Pengertian Kolestrol

Kolestrol merupakan senyawa lemak kompleks sebagian besar dihasilkan dalam tubuh, yatu organ hati, dan sisanya dari luar tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Kolestrol memiliki beragam fungsi bagi tubuh seperti sumber energi, pembentukan dinding sel, dan hormon. Kolestrol tidak larut dalam cairan darah sehingga untuk mengangkutnya ke seluruh tubuh di kemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein yang dianggap sebagi pembawa kolestrol dalam darah. Menurut situs kompas.com kolestrol total harus kira-kira mendekati 200 miligram persen.

Penyebab Kolestrol Tinggi

Anggapan lazim sekarang kolestrol tinggi diderita oleh mereka yang bertubuh tambun. Padahal, orang berbadan kurus pun dapat mengalaminya. Yang mengkhawatirkan kolestrol menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke. Penyebab kolestrol tinggi tidak lain adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang berlemak jenuh, merokok, kurang olahraga dan stress, selain itu faktor genetikm juga ikut mempengaruhi.

Pencegahan

Mulailah menerapkan pola hidup yang sehat sepertimenghindari makanan yang berkolestrol tinggi, kemudian olahraga, tidak merokok dan cukup istirahat.


sumber: koran kompas


0 komentar:

Posting Komentar